Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BPJS NON PBI RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KRAKSAAN
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : ISMI QORI KHOIRUNISA |
Dosen Pembimbing | : A.A. Istri Citra Dewiyani, SKM., MARS |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Berdasarkan studi pendahuluan pada bulan September tahun 2020, keterangan didapatkan melalui wawancara dengan salah satu staf yang bekerja di Puskesmas Kraksaan mengatakan bahwa permasalahan yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah antrian panjang yang membuat pasien harus menunggu lama, serta pelayanan petugas apotek dan resepsionis yang kurang ramah. Hal ini membuat kualitas pelayanan di Puskesmas Kraksaan berdampak pada kepuasan pasien yang berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS non PBI rawat jalan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kraksaan Tahun 2020. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (online). Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase tertinggi karakteristik responden adalah jenis kelamin perempuan sebesar (66%), usia 18-23 tahun sebesar (46%), dimensi reliability sebesar (98%) puas (2%) tidak puas, dimensi responsiveness sebesar (96%) puas (4%) tidak puas, dimensi assurance sebesar (93%) puas (7%) tidak puas, dimensi empathy sebesar (99%) puas (1%) tidak puas, dimensi tangibles sebesar (96%) puas (4%) tidak puas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pasien peserta JKN non PBI yang berkunjung ke Puskesmas Kraksaan pada tahun 2020 merasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Berdasarkan kesimpulan pada hasil penelitian ini, maka saran untuk Puskesmas Kraksaan perlu mempertahankan kepuasan pasien terhadap pelayanan pada dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy serta kepuasan pada dimensi tangibles. Serta diharapkan penelitian selanjutnya dapat meninjau kepuasan peserta dari jenis kepesertaan lain seperti (PBI). Serta perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai kepuasan pasien di Puskesmas Kraksaan, sehingga dapat menggambarkan keseluruhan pelayanan puskesmas terhadap pasien JKN di Puskesmas Kraksaan.